Perkembangan
ilmu pengetahuan sangatlah pesat, sejalan dengan kemajuan jaman begitu pula
dengan cara berpikir masyarakat yang cenderung menyukai hal-hal yang dinamis.
Semakin banyak penemuan-penemuan atau penelitian yang dilakukan oleh manusia,
tidak menutup kemungkinan adanya kelemahan – kelemahan didalamnya, maka dari
itu dari apa yang telah diciptakan atau diperoleh dari penelitian tersebut ada
baiknya berdasar pada nilai – nilai yang menjadi tolak ukur kesetaraan dalam
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yaitu sila Pancasila.
Dengan
berpedoman pada nilai – nilai pancasila, apapun yang diperoleh mausia dalam
mengembangkan ilmu pengetahuan akan sangat bermanfaat untuk mencapai tujuan
dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia guna melaksanakan
pembangunan nasional, reformasi dan pendidikan pada khususnya.
1.2 Rumusan
masalah
·
Apa paradigma itu?
·
Apa peran pancasila dalam paradigma pembangunan?
·
Bagaimana kedudukan Pancasila di masa reformasi?
·
Bagaimana kedudukan Pancasila dalam perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi?
1.3 Tujuan
·
Untuk mengetahui pengertian dari paradigm
·
Untuk mengetahui makna Pancasila sebagai
paradigma pembangunan
·
Untuk mengetahui kedudukan Pancasila pada masa
reformasi
·
Untuk mengetahui Pancasila dalam perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi
2.1. Pengertian Paradigma
Awalnya istilah Paradigma berkembang dalam dunia ilmu pengetahuan
terutama yang kaitannya dengan filsafat ilmu pengetahuan. Tokoh yang
mengembangkan istilah tersebut dalam dunia ilmu pengetahuan adalah Thomas S.
Khun dalam bukunya yang berjudul The Structure of Scientific Revolution (1970:
49). Inti sari paradigma adalah suatu asumsi-asumsi dasar dan asumsi teoritis
yang umum dan dijadikan sumber hukum, metode serta penerapan dalam ilmu
pengetahuan sehingga sangat menentukan sifat, ciri dan karakter ilmu
pengetahuan itu sendiri.
untuk selengkapnya silahkan download di:
![]() |
Download |
0 komentar:
"Kalau mau Copy-Paste artikel boleh saja, tapi sumbernya ke blog ini"